Unsur-Unsur Terbentuknya Negara Dan Penjelasannya Lengkap

Unsur-Unsur Terbentuknya Negara

Lawnmowercornerca – Negara merupakan sebuah kesatuan yang beasaskan kedaulatan, yang meliputi wilayah, penduduk dan tatanan aturan yang telah diatur di dalamnya. Suatu negara tidaklah terbentuk dengan mudah melainkan berdasarkan beberapa unsur yang harus dipenuhi. Secara harfiah suatu negara dapat terbentuk apabila memiliki unsur konstitutif dan unsur deklaratif, hal ini dikemukakan pada salah satu Konvensi Montevideo yang dilaksanakan di kota Montevideo, ibukota Negara Uruguay pada tahun 1933. Berikut ini merupakan penjelasan lengkap mengenai unsur-unsur terbentuknya suatu negara berdasarkan Konvensi Montevideo 1933:

Unsur Konstitutif Suatu Negara

Sesuai dengan namanya yaitu Poker Online, unsur konstitutif meliputi konstitusi atau aturan dasar serta aturan yang sangat pokok untuk terbentuknya suatu negara. Unsur konstitutif ini mencakup beberapa hal seperti:

1. Wilayah

Komponen atau unsur pertama yang sangat penting untuk terbentuknya suatu negara adalah wilayah atau teritorial. Wilayah atau daerah yang dimaksud meliputi kawasan darat, laut bahkan udara yang juga meliputi beberapa batasan ekstrateritorial. Dengan memiliki bagian wilayah maka akan ada batasan yang ditetapkan oleh suatu negara agar tidak mengganggu wilayah lainnya, batasan tersebut meliputi:

  • Batas astronomi, batas astronomi ini ditentukan oleh garis lintang dan garis bujur dari suatu wilayah.
  • Batas alam, ditentukan oleh sungai, selat, laut, dataran, danau dan gunung.
  • Batas buatan, batasan ini dibuat oleh manusia seperti pagar, patok, bahkan tembok seperti tembok Cina dan tembok Berlin (sebelum Jerman bersatu)
  • Batas Perjanjian, ditentukan oleh adanya perjanjian atau konvensi yang disepakati bersama antar negara yang saling berbatasan.

2. Penduduk, Rakyat atau Warga Negara

Unsur berikutnya yang juga penting adalah penduduk atau rakyat. Rakyat merupakan sekumpulan orang yang memiliki persamaan dalam prinsip dan tujuan yang mendiami kawasan atau wilayah tertentu. Rakyat yang bertindak sebagai penduduk memiliki kedudukan dan hak untuk tinggal disuatu negara. Sedangkan warga negara dapat diartikan sebagai penduduk atau rakyat yang memiliki keterikatan dengan hukum dari suatu negara.

3. Pemerintahan Yang Berdaulat

Setelah memiliki unsur rakyat dan penduduk, maka suatu negara haruslah memiliki pemerintahan yang berdaulat untuk menjadi pionir dalam membimbing warga negaranya. Dalam hal ini pemerintahan memiliki kewajiban untuk mengatur, mengurus dan mempertahankan setiap tatanan penyelenggaraan suatu negara secara utuh dan penuh. Pemerintahan sendiri secara luas terbagi kedalam kekuasaan legislatif, eksekutif dan yudikatif.

Unsur Deklaratif Suatu Negara

Selain secara konstitutif, suatu negara juga harus memiliki unsur deklaratif yang merupakan unsur tambahan agar suatu negara diakui keberadaannya. Dengan adanya pengakuan dari dunia Internasional, maka suatu negara akan bertahan dengan adanya jalinan kerja sama dengan negara lain. Berikut ini adalah dua hal yang termasuk kedalam unsur deklaratif suatu negara:

1. Pengakuan Secara De Facto

De Facto adalah istilah pengakuan secara fakta atau realita terbentuknya suatu negara karena telah memenuhi persyaratan yang ada. Pengakuan de facto sangat penting karena akan membuat suatu negara diakui dan dikenal namanya di dunia Internasional.

2. Pengakuan Secara De Jure

Status suatu negara akan lebih kuat ketika adanya pengakuan secara de jure, karena pengakuan ini dibuat berdasarkan hukum Internasional sehingga suatu negara akan sangat diakui keberadaannya dan tidak diragukan keabsahannya.

Itulah beberapa unsur-unsur terbentuknya suatu negara yang harus dipenuhi dan harus diakui baik secara implisit maupun eksplisit. Suatu negara akan tetap berdiri apabila negara tersebut hingga saat ini masih diakui keberadaannya.