Macam-Macam Ukuran Kertas

Macam-macam ukuran kertas

Lawnmowercornerca – Kertas sekarang menjadi bagian dari kehidupan kita. Sekolah, pekerjaan, menggambar, semua orang membutuhkan kertas. Item ini terbuat dari serat yang berasal dari pulp terkompresi. Tidak hanya digunakan untuk menulis dan mencetak gambar, tetapi kertas itu juga ada sebagai kertas pembersih alias kertas.

Dengan kertas, kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Sebelum penemuan kertas, lebih tepatnya dari Zaman Perunggu ke Zaman Besi, orang menggunakan tablet tanah liat sebagai pendukung penulisan. Selain tablet, orang juga menulis di atas batu, kayu, kulit binatang dan tulang, bambu, daun palem, dan kain sutera.

Kertas adalah benda yang terbuat dari bubur kertas atau hasil pemisahan serat dari bahan baku berserat seperti kayu dan lainnya. Kemudian diproses dan diproses menggunakan mekanika, semantik, dan kimia.

Dalam perkembangannya, kertas tidak lagi hanya ditujukan untuk mendukung penulisan, tetapi juga untuk keperluan lain, seperti stok tas, pembersih atau tisu, kemasan makanan, transaksi media, adalah uang, dll.

1. Kertas A

Tidak hanya di Indonesia, kertas Seri A juga banyak digunakan di seluruh dunia, seperti di Amerika dan Eropa. Hanya di Eropa bahwa dokumen ini diadopsi sebagai standar resmi pada pertengahan abad kedua puluh sampai distribusinya di seluruh dunia. Selain itu, kertas Seri A, terutama A4, adalah ukuran font standar untuk negara-negara maju seperti Australia dan Inggris.

Ukuran kertas ini didasarkan pada format kertas ISO 216 internasional berdasarkan standar Jerman DIN 476. Kertas Seri A umumnya digunakan sebagai ukuran umum dalam publikasi, kantor dan pendidikan. Ukuran kertas seri A yang paling umum digunakan adalah A4. Semua ukuran kertas ISO didasarkan pada rasio aspek “root 2” tunggal, sekitar 1: 1.4142. Nah, format kertas ISO dasar adalah A0 (baca: nol) yang luasnya setara dengan satu meter persegi. Setiap digit setelah huruf A mewakili setengah ukuran dari digit sebelumnya. Contoh: A1 adalah setengah dari A0, A2 adalah setengah dari A1, dll.

2. Kertas B

Kertas Seri B sering digunakan untuk mencetak mural dan poster. Ukuran kertas seri B kira-kira dua kali lipat dari kertas seri A. Oleh karena itu, seri kertas ini cenderung lebih besar dibandingkan dengan seri A.

3. Kertas C

Kertas Seri C adalah kertas yang sering digunakan untuk folder, kartu pos, dan amplop. Luas selembar kertas seri C adalah luas rata-rata selembar kertas seri A dan selembar kertas seri B untuk nomor kertas indeks yang sama.

Misalnya, jika area kertas seri C4 diformulasikan sama dengan area kertas seri A4 ditambah area kertas seri B4, maka luasnya setengah. Lebar kertas seri ini juga dapat diukur dengan memasukkan kertas seri A, dilipat atau tidak, dalam amplop kertas seri C. Akibatnya, kertas ini juga lebih besar dibandingkan dengan dua seri sebelumnya.

4. Kertas F

Karena ukuran kertas internasional hanya mencakup seri A, B dan C. Namun, ukuran kertas F4 di word muncul karena permintaan pasar. Kertas seri R umumnya digunakan untuk kertas cetak fotografi. Kertas Seri F sering digunakan dalam fotokopi dan kantor. Kertas biasa ini juga sering disebut kertas aluminium foil atau HVS dari 215 x 330 mm atau 8,5 x 13 inci. Ukuran sebenarnya dari kertas folio adalah format kertas tradisional yang digunakan di Eropa dan Persemakmuran Inggris. Makalah ini kemudian diganti dengan format seri A standar internasional seperti dijelaskan di atas.