Cara Merawat Kursi Dari Kayu Jati

Cara Merawat Kursi Dari Kayu Jati

Lawnmowercornerca –┬áBerbicara tentang furnitur rumah tidak lengkap jika tidak berbicara tentang furnitur kayu. Kayu memang merupakan salah satu bahan furniture yang masih digemari banyak orang. Berbagai jenis kayu juga dapat digunakan untuk produksi furnitur, salah satu yang paling terkenal adalah jati.

Kayu jati merupakan salah satu jenis kayu yang sering digunakan dalam industri furniture untuk membuat berbagai jenis furniture salah satunya adalah kursi. Dari segi kualitas, kayu jati banyak dipilih sebagai bahan bangku karena kayu jati memiliki daya tahan yang lebih lama dibandingkan jenis kayu lainnya. Sebab, kursi jati atau kursi tamu jati minimalis harganya relatif mahal.

Melihat sejarah kayu jati, kayu ini merupakan tumbuhan asli Burma. Dari situ menyebar ke berbagai daerah yang beriklim monsun. Pasalnya, kayu ini hanya akan tumbuh dengan baik pada tanah yang curah hujannya antara 1500 – 2.000 mm / tahun atau pada suhu 27 – 36 Celcius. Secara alami, kayu jenis ini tidak bisa tumbuh dengan baik di kawasan Eropa yang biasanya bersuhu rendah. Pertumbuhan teh kebanyakan terjadi di negara-negara seperti India, Myanmar, Laos, Kamboja dan Thailand dan Indonesia.

Jati yang tumbuh di Indonesia bisa dikatakan sebagai jenis jati terbaik di dunia. Hanya di Indonesia jati tumbuh subur di pulau Jawa. Itupun di daerah tertentu. Kualitas tertinggi dianggap spesies jati yang ditanam di daerah seperti Jepara, Blora dan Bojonegoro. Mengapa teko tumbuh lebih baik di daerah ini, karena tumbuh di tanah kapur yang keasaman tanahnya rendah.

Daya tahan kursi jati atau kursi jati minimalis bisa bertahan lebih lama jika Anda melakukan perawatan yang tepat dan tepat. Bukan tidak mungkin, cara merawat kursi jati yang salah dapat menyebabkan kursi jati mudah rusak dan tidak tahan lama. Baca tips merawat kursi jati berikut ini.

1. Bersihkan secara teratur

Tentu saja tips bersih dulu merawat kursi jati secara rutin tiga atau empat kali sebulan setiap minggunya. Cara membersihkannya, Anda bisa menggunakan sikat kecil untuk membersihkan debu di sela-sela kursi. Perawatan ini sangat bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya jamur pada kursi jati minimalis Anda.

2. Gunakan cairan pembersih khusus

Masih berkaitan dengan cara membersihkan kursi jati, gunakan cairan pembersih khusus untuk furnitur, seperti bendera atau kit. Bersihkan kursi jati minimalis dengan sumbat dan kain kering yang bersih. Anda bisa menggunakan sedikit gel atau wax agar kursi jati minimalis Anda tetap bersinar dan berwarna.

3. Bergerak dengan hati-hati dan hati-hati

Untuk menempatkan atau memindahkan kursi tamu, jangan menarik atau menarik sandaran punggung karena dapat mengikis kayu akibat gesekan pada lantai. Cara yang benar dan terbaik untuk memindahkan kursi jati adalah dengan hati-hati mengangkatnya pada penampang atau tempat duduk.

4. Letakkan di tempat yang kering atau pada suhu normal

Panas yang konstan dapat menyebabkan kayu mengering dan menyusut sehingga menyebabkan retakan pada lapisan kayu. Jangan letakkan kursi jati di dekat alat pemancar panas atau di tempat yang terkena sinar matahari langsung, apalagi jika Anda tinggal di daerah dengan suhu tinggi. Tak hanya itu, udara lembap juga bisa memicu tumbuhnya jamur atau serangga yang berbahaya bagi kotoran jati.

5. Bersihkan dengan sisa teh

Selain untuk menyehatkan, konsumsinya memiliki banyak kegunaan, salah satunya adalah pembersih kayu. Untuk hasil warna dan kilap yang maksimal, rendam kain lembut dalam merendam teh hitam, peras kain tersebut, lalu usapkan pada bangku kayu jati hingga bersih dan biarkan mengering.