Cara Mengatasi Komputer Yang Lemot Dengan Cepat

Cara Mengatasi Komputer Yang Lemot

Lawnmowercornerca – Saat ini perangkat elektronik seperti komputer, laptop, dan gadget lainnya telah menjadi sebuah kebutuhan primer bagi sebagian besar kalangan. Akan tetapi akan sangat mengesalkan jika komputer atau laptop kita terasa performanya menurun dan mulai mejadi lemot seperti siput.

Cara Mengatasi Komputer Yang Lemot

Eits! Tapi jangan dulu melampiaskan kemarahan anda, ada beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab kenapa performa komputer anda terasa sangat lemot, dan kamu tidak perlu terburu-buru untuk membeli perangkat baru agar performa komputermu menjadi cepat seperti baru. Berikut adalah beberapa penyebab performa komputer anda menjadi lemot beserta solusinya.

1. Terlalu Banyak “Sampah” Pada Data Komputer

Sama seperti rumah kita, jika rumah kita penuh sampah pasti kita akan merasa terganggu dan kinerja kita jadi menurun, sama halnya komputer, jika isi komputer kita dipenuhi oleh sampah-sampah baik itu data, aplikasi, history pencarian, cookies,dsb pasti akan terasa sesak dan menghambat kinerja komputer.

Untuk membersihkannya ada berbagai cara, berikut adalah cara-caranya.

Menghapus history dan cookies pada browser:

  1. Buka aplikasi browser yang sering kamu gunakan,
  2. Klik ikon menu bergambar titik tiga kebawah atau biasa disebut burger icon,
  3. Cari menu history atau riwayat, kemudian klik menu pada jendela history atau riwayat dan pilih hapus data penjelajahan.

Menghapus temporary files:

  1. Buka C:\users\\AppData\Local\Temp,
  2. Blok semua atau ctrl+A kemudian tekan delete.

Menghapus data yang ada di Recycle Bin:

  1. Buka recycle bin pada desktop kamu,
  2. Blok semua atau ctrl+A kemudian tekan delete.

2. Program Terinstall Yang Terlalu Banyak

Banyaknya program yang kita install membuat kinerja komputer kita menurun, oleh karena itu disarnkan agar kita hanya menginstall aplikasi yang kita butuhkan saja. Berikut adalah cara untuk menguninstall program.

  1. Buka control panel,
  2. Pilih menu uninstall program,
  3. Pilih program yang tidak kita pakai dan klik uninstall.

3. Banyaknya Program Startup Yang Berjalan

Program startup adalah program yang akan langsung menyala Ketika komputer dinyalakan, hal ini sering kali membuat booting komputer kita menjadi lama dan kadang berpengaruh pada kinerja komputer kita. Berikuta adalah cara mematikan program startup yang berjalan.

  1. Klik start lalu run, atau Win+R,
  2. Ketik msconfig, enter dan pilih tab startup,
  3. Uncheck pada program yang tidak ingin digunakan pada saat pertama kali booting.

4. Hardisk Yang Perlu Di Defrag

Jika perangkat hardisk anda sudah lama dan sering kali terkena force shutdown, hal itu membuat file yang tersusun dalam hardisk menjadi berantakan, oleh karena itu kita perlu merapihkannya kembali dengan defrag. Berikut adalah cara untuk mendefrag hardisk.

  1. Buka menu start>allprogram>accessories>system tool>disk defragmenter,
  2. Pilihlah partisi disk mana yang akan didefrag, dan secara otomatis program akan mendefrag partisi hardisk yang kita pilih.

5. Terserang Virus Atau Malware

Tanpa kita sadari masuknya virus dan malware kedalam komputer kita sering kali terjadi. Hal tersebut disebabkan kita kurang berhati-hati disaat mendownload aplikasi, membuka web lain, dan disaat menginstall aplikasi. Hal ini dapat diatasi dengan mengscan semua isi penyimpanan kamu dengan antivirus atau scanning dengan program bawaan windows.

6. Kapasitas RAM Kurang

Jika kelima hal diatas telah dilakukan dan kamu masih mengalami lag atau lemot, ada kemungkinan kapasitas memory atau RAM kamu kurang memadai, cobalah menrogoh kocek sedikit untuk menambah kapasitas slot RAM.

7. Spesifikasi Komputer Yang Kurang

Sama halnya kita manusia, tubuh kita harus terus berkembang mengikuti perkembangan jaman, begitu pula dengan komputer kamu. Untuk terus menggunakan aplikasi yang up to date sering kali kita terkena kendala lag saat memainkan game sepak bola di pc. Hal itu dikarenakan spesifikasi komputer kita tidak memadai baik segi RAM, VGA, ataupun processor.