Aplikasi Belajar Online Gratis

Aplikasi Belajar Online Gratis

Lawnmowercornerca – Kebetulan lagi istilah konferensi online atau pembelajaran online, apakah kampus Anda berencana untuk memulai program universitas online? Kita tahu bahwa metode pembelajaran saat ini berbeda dengan metode pembelajaran beberapa tahun terakhir. Perkembangan komputer dan juga perkembangan jaringan komputer telah memberikan banyak perubahan di berbagai bidang, salah satu perubahan yang paling mencolok adalah di bidang pendidikan. Misalnya, Ujian Komputer Nasional yang telah dilaksanakan beberapa tahun terakhir ini merupakan contoh peran teknologi dalam dunia pendidikan.

Selain ujian, perkembangan jaringan komputer juga dapat menguntungkan para siswa itu sendiri. Salah satunya, saat ini sudah ada buku teks yang diproduksi secara digital oleh pemerintah. Selanjutnya peran internet dalam prestasi belajar siswa adalah penambahan pengetahuan. Melihat peluang ini, pengembang aplikasi membuat tutorial online. Aplikasi ini juga dapat diakses melalui komputer, laptop, tablet, bahkan smartphone berbasis Android.

Hingga saat ini, terdapat beberapa aplikasi e-learning yang dapat digunakan secara gratis. Apa aplikasinya? Berikut ulasannya:

1. SEVIMA EdLink

EdLink merupakan aplikasi yang membantu siswa dan guru dalam kegiatan belajar. Berbagi informasi, pelajaran / bahan ajar, dan pemberian tugas menjadi lebih mudah dengan satu tangan.

2. Moodle

Moodle adalah aplikasi CMS e-learning berbasis website yang dapat mengubah media pembelajaran offline menjadi modul online (berbasis web). Aplikasi e-learning Moodle ini memungkinkan siswa memasuki ruang kelas digital untuk mengakses materi pembelajaran. Dengan Moodle, guru dapat membuat bahan ajar, kuis, ezine, dan lainnya. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, Moodle (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) kini juga dapat digunakan melalui aplikasi berbasis Android dan iOS.

3. Google Classroom

Google Classroom (atau dalam bahasa Indonesia, atau Google Classroom) adalah platform pembelajaran campuran yang didedikasikan untuk setiap bidang pendidikan yang bertujuan untuk menemukan solusi atas kesulitan dalam membuat, berbagi, dan mengklasifikasikan setiap tugas tanpa kertas.

Google Kelas mencantumkan jumlah layanan Google yang sekaligus menghubungi lembaga pendidikan untuk beralih ke sistem tanpa kertas.

Pembuatan tugas dan tugas dapat diselesaikan melalui Google Drive dengan menggunakan Gmail untuk menghasilkan pemberitahuan di ruang kelas Google. Siswa dapat diundang ke kelas dengan berbagai cara, yaitu melalui database institusi, melalui kode pribadi yang kemudian dapat ditambahkan ke antarmuka siswa atau diimpor secara individu dari Sistem Manajemen Informasi Sekolah. Google Kelas terintegrasi dengan Google Kalender siswa dan guru. Setiap kelas dibuat dengan file terpisah dari Google Kelas di setiap layanan Google tempat siswa dapat mengirimkan tugasnya untuk dinilai oleh pengajar.

4. Edmodo

Edmodo adalah platform mikroblog pribadi yang dikembangkan untuk guru dan siswa dengan mengutamakan privasi siswa. Guru dan siswa dapat berbagi catatan, tautan, dan dokumen. Guru juga memiliki kemampuan untuk mengirim peringatan, acara dan tugas kepada siswa dan dapat memutuskan untuk menerbitkan sesuatu dalam jangka waktu yang dapat dilihat oleh publik.

Edmodo adalah platform pembelajaran sosial untuk guru / guru, siswa / siswa dan untuk orang tua / wali yang dikembangkan pada akhir 2008 oleh Nic Borg dan Jeff O’Hara yang merasa perlu untuk berkembang di lingkungan sekolah / kampus untuk mencerminkan dunia itu selamanya. global dan terhubung, keduanya menciptakan alat / aplikasi yang dapat menjembatani kesenjangan antara cara siswa menjalani kehidupan mereka dan cara mereka belajar di sekolah / di kampus – untuk itulah Edmodo. Edmodo dibuat sebagai platform pembelajaran media sosial untuk guru / pembicara, siswa / siswa dan orang tua / wali.

Edmodo dirancang untuk melibatkan siswa dalam belajar di lingkungan yang lebih akrab. Di Edmodo, guru / fakultas dapat melanjutkan diskusi kelas secara online, memberikan survei untuk memeriksa pemahaman siswa, dan memberikan lencana kepada siswa / siswa individu berdasarkan kinerja atau perilaku.

Sumber: academia.co.id